Tips Sehat Untuk Mengolah & Memasak Makanan

 

Dibandingkan dengan jaman dulu jenis dan nama penyakit saat ini jumlahnya lebih banyak, bahkan ada beberapa penyakit yang hingga saat ini belum bisa ditemukan obatnya. Mungkin hal tersebut disebabkan karena orang-orang jaman sekarang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap, pengawet hingga pewarna. Terlebih lagi, masyarakat yang sekarang ini cenderung lebih malas bergerak apalagi berolahraga. Kemudian, sistem daya tahan di dalam tubuh kinerjanya semakin lama semakin menurun, sehingga membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Sebelum terlambat, maka segera perbaiki dan lakukan perubahan terhadap pola hidup, caranya bisa dimulai dengan hal yang paling mudah dulu, yakni dengan mengkonsumsi makanan sehat. Benar sekali, makanan yang menyehatkan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam kandungan yang seimbang. Tapi, jangan salah mengartikan juga karena akan sangat percuma jika sudah mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, namun dimasak dengan cara pengolahan yang tidak sesuai, karena hal tersebut dapat mengurangi bahkan dapat menghilangkan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Jadi, akan lebih baik Anda melakukan proses memasak bahan-bahan tersebut menggunakan cara yang sesuai, benar sekaligus tepat. Setelah memilih bahan makanan yang diolah (pastikan untuk pilih yang segar), Anda pun bisa memilih resep masakan yang akan dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan tersebut. Saat memasak, berusahalah untuk terbiasa tidak menggunakan bumbu penyedap instan, karena di dalam bumbu penyedap tersebut pasti terdapat kandungan pengawet dan MSG dalam jumlah yang banyak. Sebagai penganti gunakan bahan penyedap yang berasal dari kaldu daging ayam atau daging sapi.

Memang sih, menggunakan bumbu penyedap instan akan jauh lebih praktis dan proses memasak pun juga akan lebih cepat selesai. Akan tetapi, jika Anda benar-benar sayang kepada tubuh dan juga mementingkan kesehatan diri sendiri, sebaiknya gunakan bahan alami saja, meski akan lebih ribet dan pasti juga lebih mahal. Namun, seberapa mahalnya itu jumlahnya tak akan sebanding dengan kenikmatan yang bisa Anda rasakan di kemudian hari.

Jikalau Anda tak bisa menghilangkan kebiasaan penggunaan bumbu penyedap rasa instan secara langsung, maka cobalah belajarlah bertahap untuk mengurangi kebiasaan tersebut secara bertahap tapi pasti, sehingga nantinya Anda bisa menghilangkan kebiasaan itu dengan sendirinya.